Meningkatkan Kadar Dopamine Otak secara Alami

dopamine_yowh

Dopamine merupakan salah satu neurotransmitter paling penting dalam otak yang memiliki fungsi mentransmisi sinyal antar sel-sel saraf.

Dopamine diketahui bertanggung jawab untuk mengendalikan dan mengatur gerakan, respon emosional, konsentrasi, kognisi, berbagai proses hormonal, dan kemampuan untuk merasakan kenikmatan dan rasa sakit.

Terdapat penelitian yang menyatakan kekurangan dopamine dapat memicu perkembangan penyakit Parkinson dan gangguan kepribadian ‘borderline’, serta kondisi lain yang berhubungan dengan respons emosional dan kognitif.

Itu sebab, menjadi penting untuk mengetahui cara meningkatkan kadar dopamine karena kekurangan bahan kimia ini memicu berbagai masalah serius.

Cara Alami Meningkatkan Dopamine

Selain yang sudah dibahas sebelumnya, kekurangan dopamine juga menyebabkan libido rendah, peningkatan perasaan depresi, kecanduan dan mengidam makanan, kehilangan kontrol motorik, peningkatan dorongan emosi dan obsesi, serta terjadi penurunan konsentrasi dan fokus.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk mempelajari cara-cara untuk meningkatkan kadar dopamine.

  1. Berolahraga

Terdapat hubungan langsung antara olahraga dan peningkatan kadar dopamine.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan selama 30 menit memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak dopamine.

Perasaan puas setelah berolahraga menjadi sinyal bahwa otak mulai memproduksi dopamine.

  1. Tidur

Tidur menjadi salah satu cara mendasar untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Tidur memungkinkan tubuh melakukan perbaikan setelah seseorang melakukan aktivitas penuh sepanjang hari.

Demikian pula, tidur bertanggung jawab membuat pikiran menjadi rileks dan dengan demikian membantu meningkatkan kadar dopamine secara alami.

Usahakan untuk tidur nyenyak 8 jam sehari sehingga memungkinkan tubuh dan otak untuk memulihkan diri secara optimal.

  1. Makanan

Terdapat makanan tertentu yang meningkatkan kadar dopamine secara alami dan karena itu harus dimasukkan dalam rencana diet harian.

Apel, ayam, pisang, keju, telur, ikan, kacang-kacangan, protein, susu, makanan laut, blueberry, cranberry, plum, stroberi, kacang merah, almond, alpukat, biji labu, biji wijen, bebek, kenari, gandum, kalkun, kacang kedelai, dan mentimun merupakan makanan yang membantu meningkatkan dopamine secara alami.

  1. Makanan yang Harus Hindari

Seiring dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu, penting untuk mengetahui jenis makanan yang perlu dihindari.

Berbagai makanan yang tidak boleh dikonsumsi diantaranya lemak jenuh, makanan tinggi gula, kopi, makanan olahan, dan alkohol.

Secara garis besar, mempertahankan diet dan gaya hidup sehat merupakan kunci untuk menjaga dopamine tubuh pada tingkat normal.#

Iklan

tulis komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s