PSB ONLINE TAHUN 2009/2010 DISEDERHANAKAN

Situs Penerimaan Siswa Baru (PSB) online, yakni http://www.psbsby-online.net tahun 2009 direncanakan akan dibuat lebih sederhana. Tim IT dari Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai tim teknis sudah merancang format dengan tampilan sederhana dan sudah bisa diakses dalam beberapa hari ke depan.

Ketua tim IT PSB online dari ITS, Yudhi Purwananto dikantornya Jumat (1/5) menjelaskan, saat ini format situs telah dibuat. Sambil menunggu penayangan awal Mei, tampilan dan desain situs PSB online Dispendik Surabaya terus dievaluasi agar mendapatkan tampilan yang sesuai fungsi sekaligus kondisi masyarakat. “Kami membuka diri untuk dievaluasi dan menunggu masukan sehingga jika memang bisa diubah, kami masih memiliki waktu untuk mengubahnya,” ujarnya.
Secara garis besar, desain tampilan dasar yang disajikan dalam situs PSB online sama dengan format PSB tahun lalu. Pilihan menu pendaftaran atau melihat data pendaftar bisa dipilih begitu situs dibuka.
Jika digambarkan secara teknis, proses pendaftaran melalui online bisa dilakukan siswa sendiri atau orangtua tanpa memerlukan persyaratan yang rumit. Dengan mendatangi warnet atau mengakses internet pribadi, peserta bisa langsung mendaftar hanya berbekal catatan nomor ujian nasional dan PIN yang sudah dibagikan sekolah. “Cukup bawa catatan nomor peserta ujian nasional dan PIN saja. Tidak perlu yang lain untuk mendaftar karena data siswa sudah tercatat dalam database,” ujarnya
Begitu membuka situs, pendaftar bisa memilih menu yang ada. Misalnya, pendaftaran melalui rekomendasi (untuk pelajar dari luar kota dan luar provinsi), pendaftaran SMP, SMA, SMK atau membuka data pendaftar yang sudah masuk.
Tahapan pendaftaran juga mudah. Setelah memilih menu yang diikuti, berikutnya akan muncul tampilan halaman login. Seperti tampilan halaman pendaftaran di situs pada umumnya, di halaman ini, pendaftar bisa langsung mengisi kolom nomor ujian nasional (sebagai username), PIN (sebagai password) dan kode keamanan. Jika sudah mengisi, bisa langsung tekan tombol login.
Selanjutnya, akan muncul tampilan lembar pendaftaran. Di halaman ini muncul data siswa berikut nilai ujian nasional serta kolom isian untuk nama sekolah yang dituju. Kolom isian ini terdiri dari kolom sub rayon dan nama-nama sekolah tujuan. Bagi pelajar SMP yang ingin mendaftar SMK, kolom isian berupa nama sekolah tujuan dan jurusan yang diinginkan. Data isian dalam kolom inilah yang nantinya menjadi dasar proses pendaftaran.
Jika kolom isian lembar pendaftaran sudah diisi dan disimpan, berikutnya muncul tampilan halaman bukti pendaftaran. Hampir sama dengan tampilan dalam halaman lembar pendaftaran, halaman ini juga memunculkan lagi data siswa dan sekolah yang dituju. Yang terpenting dalam halaman ini juga disajikan data nomor IP Pendaftaran, kode keamanan dan waktu pendaftaran. Halaman ini bisa langsung dicetak, bisa disimpan dalam bentuk file atau cukup dicatat saja sebagai bukti pendaftaran
Guna memperlancar dan mengurangi risiko dalam proses pendaftaran online mulai 22 Juni nanti, Dispendik Surabaya memberi kesempatan bagi siswa dan masyarakat untuk melakukan percobaan sendiri mulai 1-19 Juni.
Ketua PSB 2009 Surabaya, Ruddy Winarko mengatakan, nantinya siswa bisa berlatih langsung seolah mendaftar sebenarnya, sehingga pada masa pendaftaran mereka sudah terbiasa. Melalui uji coba ini diharapkan tidak ada lagi kesalahan pengisian.
Mulai Mei, situs http://www.psbsby-online.net akan mulai diaktifkan. Di tahap awal ini, tim teknis akan melakukan serangkaian ujicoba secara internal. Sementara pada 15 Mei, sosialisasi mulai dilakukan melalui pelatihan para helper untuk sekolah-sekolah dan pembagian PIN bagi setiap siswa kelas VI dan IX. Di bidang teknis persiapan dilakukan dengan menyiapkan sekitar sembilan server yang dibagi-bagi di beberapa Internet Service Provider (ISP). *(dra)

Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jatim
Jumat, 01 Mei 2009

http://www.jatimprov.go.id/

Satu Tanggapan

  1. pak ruddy winarko saya mau daftar di smpn 22 surabaya. tolong balas di nomor ini 03177502996. thanks you so much pak rudy………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: